Ini Cabang Olahraga Event Anoc World Beach Games 2023 Akan Digelar di Bali

0
184
Ini Cabang Olahraga Event Anoc World Beach Games 2023 Akan Digelar di Bali (Unsplash)
Ini Cabang Olahraga Event Anoc World Beach Games 2023 Akan Digelar di Bali (Unsplash)

Bulelengpagi.com – Pulau Bali akan mewakili Indonesia sebagai tuan rumah bagi Association of National Olympic Committees (ANOC) World Beach Games 2023. Lalu apa cabang olahraga Anoc World Beach Games 2023 yang akan digelar di Pulau Dewata?

Cabang Olahraga/Cabor Anoc World Beach Games 2023

Seperti diketahui, World Beach Games adalah kompetisi olahraga multicabang terbesar ketiga di dunia. Sedangkan olahraga multi cabang sebelumnya adalah Olimpiade Musim Panas dan Olimpiade Musim Dingin.

Seperti namanya, dalam World Beach Games 2023 akan digelar berbagai pertandingan olahraga yang dimainkan di pantai. Cabang olahraga yang tergabung dalam Beach Games juga beragam seperti beach soccer, beach handball, aquathlon, surfing, dan lain sebagainya. Sedangkan penyelenggaraan World Beach Games ada di bawah payung Association of National Olympic Committees (ANOC).

Dikutip dari situs resmi anocolympic, cabang olahraga Anoc World Beach Games 2023 yang digelar di Bali meliputi Aquathlon, Bola Tangan Pantai, Sepak Bola Pantai, Tenis Pantai, Bola Voli Pantai 4×4, Waterpolo Pantai, Gulat Pantai, Kata Perorangan, Renang Perairan Terbuka 5 Km, Basket 3×3, Badminton air, Surfing, Beach Sprint Rowing, dan WingFoil Racing.

Even ini akan mempertandingkan 14 cabang olahraga dengan jumlah atlet yang berpartisipasi sebanyak 1.584 atlet dari berbagai negara, termasuk Israel.

Dikutip dari situs resmi Kemepora, World Beach Games rencananya digelar di Bali pada Bulan Agustus. Dalam kompetisi tersebut akan diikuti oleh 130 negara dan sebanyak 205 negara akan mengikuti General Assembly ANOC. Even ini akan digelar pada tanggal 5-12 Agustus lalu disambung dengan General Assembly ANOC yang digelar pada 13-15 Agustus.

Patut diketahui bahwa Pemerintah Indonesia memiliki penting di balik penyelenggaraan Anoc World Beach Games 2023. Even ini sendiri digelar kedua kalinya setelah even pertama berhasil digelar di Doha, Qatar tahun 2019 lalu. Kala itu Indonesia juga berpartisipasi sebagai peserta.

Dengan menjadi tuan rumah bagi Anoc World Beach Games berarti membuka Indonesia untuk sekaligus menjadi tuan rumah untuk Olimpiade. Bahkan Presiden Jokowi dalam KTT G20 yang juga digelar di Bali sudah merencanakan akan menggelar Olympics 2036 di Ibu Kota Nusantara alias IKN.

Artinya ANOC World Beach Games 2023 menjadi batu loncatan bagi Indonesia untuk menjadi tuan rumah bagi Olympics 2036. Dengan keberhasilan penyelenggaraan ANOC World Beach Games 2023 diharapkan mampu membawa citra baik Indonesia di dunia olahraga internasional.

Selain itu perputaran ekonomi diharapkan terus bergerak sebagai salah satu imbal baliknya. Hal ini sudah dibuktikan dengan adanya Asian Beach Games 2008 yang digelar dan diinisiasi oleh Indonesia. Even tersebut ternyata mampu mendongkrak kepercayaan dunia terhadap Bali setelah tragedi bom Bali.

Bali sendiri dipilih menjadi tuan rumah karena dinilai memiliki tempat yang strategis sekaligus memiliki pantai yang indah sehingga mendukung pertandingan pantai digelar.