Isu-Isu Ini Akan Dibahas di IMF-World Bank Bali 2018

0
889

Ajang internasional IMF-World Bank Bali 2018 tinggal mengitung hari akan diselenggarakan. Ajang internasional ini akan membahas isu penting yang terkait dengan keadaan ekonomi global saat ini dan yang akan datang.

Mengutip dari laman resmi Bank Indonesia, www.bi.go.id, beberapa isu terkait yang sepertinya akan di bahas di IMF-World Bank Bali 2018 yaitu isu pertama yang akan dibahas adalah penguatan International Monetary System (IMS).

Isu kedua adalah ekonomi digital. Perkembangan ekonomi digital dipengaruhi oleh berbagai risiko. Untuk itu, terdapat beberapa hal yang perlu menjadi perhatian dan akan mengemuka dalam pembahasan Pertemuan Tahunan 2018, antara lain dampak ekonomi digital terhadap perekonomian, sistem pembayaran, central bank operation, cross-border arrangement and collaboration. Isu ini menjadi pembahasan pula dalam rangkaian kegiatan Pertemuan Tahunan 2018.

Ketiga, negara berkembang tengah menghadapi kebutuhan pembiayaan pembangunan infrastruktur untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Peran serta pihak swasta untuk mendukung pembiayaan pembangunan infrastruktur menjadi salah satu kunci sukses. Pembahasan isu ini dalam Pertemuan Tahunan 2018 diharapkan dapat menghasilkan kerangka kebijakan yang jelas dan konsisten, tata kelola yang baik, iklim usaha yang mendukung, serta inovasi model pembiayaan infrastruktur, sehingga dapat meningkatkan peran swasta dalam pembiayaan infrastruktur.

Keempat, penguatan aspek ekonomi dan keuangan syariah. Ekonomi dan keuangan syariah mempunyai peran yang cukup signifikan dalam mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, baik di negara maju maupun negara berkembang. Instrumen keuangan syariah seperti sukuk maupun yang berbasis zakat dan wakaf berpotensi mendukung pertumbuhan ekonomi sebagai sumber pembiayaan infrastruktur.

Kelima, isu-isu terkait sektor fiskal, yaitu urbanisasi, ekonomi digital, human capital, manajemen risiko bencana, perubahan iklim, dan pembiayaan infrastruktur.

IMF-World Bank Bali 2018 sedianya akan diikuti oleh kurang lebih 15.000 Delegasi dari 189 negara mulai dari pejabat tinggi Negara hingga pemimpin Bank Sentral Dunia. Inilah saatnya Indonesia menunjukan kepada dunia bahwa Indonesia mampu menjadi tuan rumah yang sukses menyelenggarakan ajang penting IMF-World Bank Bali 2018 ditengah berbagai kondisi dalam negeri seperti Gempa Lombok dan terbaru Gempa dan Tsunami di Palu dan Donggala.