Kabupaten Buleleng Gelar Festival Sanggar Seni 2018

0
1637

Festival Utsawa Merdangga Gong Kebyar Sanggar Seni Kabupaten Buleleng 2018 ter selenggara dari tanggal 17 sampai 19 Desember.

Festival tersebut diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng bekerjasama dengan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemko PMK).

Festival tersebut akan menampilkan beragam tarian yang melibatkan sanggar-sanggar seni di sekitar Kabupaten Buleleng. Utsawa Merdangga Gong Kebyar Sanggar Seni Kabupaten Buleleng 2018 menyajikan berbagai jenis tarian selama tiga hari penyelenggaraan.

Beberapa tarian diantaranya adalah Tari Legong Tombol, Tari Wiranjaya, Tabuh Kreasi Bayun Nak-Nikdan lainnya. Acara ini juga melibatkan enam sanggar tari dan disaksikan oleh masyarakat Kabupaten Buleleng.

Gema Budaya yang diwujudkan dalam Utsawa Merdangga Gong Kebyar Sanggar Seni Kabupaten Buleleng 2018 juga merupakan implementasi dari Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM).

Khususnya Gerakan Indonesia Mandiri yang mempunyai salah satu fokus program berupa peningkatan apresiasi seni, kreativitas karya budaya dan warisan budaya.

Utsawa Merdangga Gong Kebyar Sanggar Seni Kabupaten Buleleng 2018 dibuka oleh Staf Ahli BidangMultikulturalisme, Restorasi Sosial, dan Jati Diri Bangsa Kemko PMK Haswan Yunaz. Haswan menjelaskan pentingnya upaya pelestarian warisan budaya yang harus dilakukan secara bersama-sama oleh masyarakat dan pemerintah.

Upaya pelestarian budaya tidak cukup hanya dilakukan melalui berbagai pertunjukan secara regular.Hal utama yang juga harus dilakukan adalah pemberian apresiasi dan pemahaman tentang filosofi serta nilai dari keberadaan objek budaya, warisan dan tradisi yang tumbuh di masyarakat secara turun temurun khususnya kepada generasi muda.

Di samping itu kebudayaan juga harus mampu memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat melalui pengembangan produk kebudayaan secara kreatif seperti seni pertunjukan,kuliner, fashion show, film dan kegiatan ekonomi kreatif lainnya.