Kepala Bappenas: Mitra Lokal Penting Untuk Investor Global

0
854

Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengungkapkan jika investor global membutuhkan mitra lokal dalam melakukan investasi di Indonesia. Pihaknya juga berencana mengajak para mitra lokal potensial untuk berdiskusi. Hal ini disampaikan Bambang dalam acara forum Annual Incestment Meeting (AIM), yakni forum internasional yang diselenggarakan oleh Menteri Ekonomi Uniterd Arab Emirates.

Menurut Bambang ada saat banyak mitra lokal yang siap untuk bekerja sama dengan investor asing. Biasanya mitra lokal memiliki peran penting dalam menjalin komunikasi dengan calon investor.

“Komunikasi antar pengusaha akan lebih mudah dibandingkan dengan birokrat atau pemerintah”, ujar Bambang.

Peluang investasi di Indonesia sangat besar. Ini karena pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai 5,4 persen pada 2018 dan saat ini berada di peringkat 15 dalam perekonomian Asia. Sedangkan menurut Price Waterhouse Coopers (PWC) Indonesia menempati posisi ke-4 dalam perkembangan infrastruktur dan berada di peringkat ke-2 sebagai negara tujuan investasi terbaik.

Tjandra Limanjaya merupakan salah satu mitra lokal yang kerap bekerja sama dengan investor asing. Mitra lokal seperti Tjandra Limanjaya dapat membantu investor asing untuk melihat secara detil peluang investasi yang ada di Indonesia.

Siapakah Tjandra Limanjaya?

Tjandra Limanjaya merupakan investor Indonesia yang sudah banyak melakukan investasi di berbagai sektor, salah satunya adalah pariwisata. Menurutnya dalam melakukan investasi pengusaha lokal dapat melakukan kerjasama dengan investor global.

Sebagai pengusaha lokal tentu akan jauh lebih paham mengenai peluang investasi yang ada di Indonesia. Dan peran pengusaha lokal adalah meyakinkan investor global untuk bekerja sama dan berinvestasi di Indonesia.

Menurut Tjandra terdapat dua hal penting untuk menarik investor asing yakni instrumen financial dan organisasi yang ada di Indonesia. Selama ini koorporasi yang secara financial kuat dan sudah terbiasa melakukan investasi di Indonesia akan dibantu mitra lokal untuk mendapatkan informasi memadai tentang berbagai proyek strategis.

Terkait dengan kerja sama antar investor global dan mitra lokal, pemerintah akan memfasilitasi apa yang dibutuhkan investor. Kemudahan berbisnis di Indonesia juga menjadi salah satu yang harus dilakukan pemerintah untuk menarik investor asing.