Patroli Pengamanan Obyek Vital PLTU Celukan Bawang

0
1164

Kawasan PLTU Celukan Bawang menjadi salah satu obyek vital nasional, oleh karena itu untuk memberikan rasa aman dan keamanan kepada karyawan, petugas keamanan dan juga pihak Sabhara Polsek Celukan Bawang melakukan kegiatan rutin patroli bersama di kawasan PLTU Celukan Bawang sebagai langkah nyata pengamanan sesuai peraturan pengamanan obyek vital nasional.

Dalam kegiatan patroli bersama dengan Sabhara Polsek Celukan Bawang, petugas keamanan PLTU Celukan Bawang merasa senang dan berharap kerjasama pengamanan patroli kawasan PLTU terus dilakukan bersama dan saling berkordinasi.

Kapolsek Kawasan Laut Celukan Bawang pada kesempatan pertama Akp Wisnaya setelah di konfirmasi menyatakan bahwa” Anggota Sabhara melalui Pawas melakukan patroli pengawasan ke obyek Vital PLTU guna peningkatan keamanan agar terdeteksi sejak dini dan rasa aman dapat dirasakan serta keamanan wilayah Celukan Bawang dapat terwujud dengan baik.” Ucap Kapolsek Celukan Bawang Akp Wisnaya.

Selain melakukan kegiatan pengamanan patroli bersama, Polres Buleleng bekerjasama dengan PT General Energy Bali pimpinan Haji Abdul Djalil sebagai salah satu investor PLTU Celukan Bawang dan PT Pesona Cipta Security selaku perusahaan jasa pengamanan mengadakan pelatihan keamanan kepada petugas keamanan PLTU Celukan Bawang.

PLTU Celukan Bawang sendiri memiliki 75 petugas security. Dari jumlah itu sebagian besar merupakan rekrutan dari warga lokal setempat. Saat ini, sebanyak 40 petugas security dididik guna memenuhi kualifikasi Gada Pratama.

Gada Pratama merupakan salah satu sertifikat atau kualifikasi standar yang harus dimiliki oleh petugas keamanan untuk pengamanan obyek vital nasional. Pelatihan ini bertujuan untuk semakin mendidik petugas sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) yang tertera dalam Peraturan Daerah (Perda) Nomor 24 Tahun 2007, mewajibkan setiap anggota security memiliki ijazah dari tingkatan Gada Pratama, Madya, dan Gada Utama.

Pimpinan PT General Energy Bali (GEB) Haji Abdul Djalil sangat mendukung kegiatan semacam ini dan berharap dengan diadakanya pelatihan keamanan bisa semakin memberikan rasa aman kepada karyawan PLTU Celukan Bawang saat bekerja. Selain itu harapan lain dari Haji Abdul Djalil memiliki harapan para petugas bukan hanya mencari ijazah dari pelatihan ini melainkan juga menyerap ilmu yang diberikan.