Penyaluran BBM Subsidi: Tantangan dan Sinergi antara BPH Migas dan Pemerintah Agar Tepat Sasaran

0
43
Upaya penyaluran BBM subsidi dan kompensasi dapat dinikmati oleh masyarakat secara tepat dan terjamin. (Headline.com)

Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) menegaskan pentingnya sinergi antara pemerintah dan pihak terkait dalam penyaluran BBM subsidi dan kompensasi. Anggota Komite BPH Migas, Eman Salman Arief menyoroti perlunya koordinasi yang baik untuk memastikan penyaluran tepat sasaran.

“Dalam penyaluran jenis BBM tertentu (JBT) dan jenis BBM khusus penugasan (JBKP), diperlukan sinergisitas dan koordinasi yang baik antara BPH Migas dan pemerintah provinsi,” ujar Eman Salman Arief dalam Rapat Koordinasi Kerja Sama BPH Migas dengan Pemerintah Daerah di Balikpapan, Kalimantan Timur.

Eman menekankan pentingnya perjanjian kerja sama (PKS) antara BPH Migas dan pemerintah provinsi dalam pengendalian, pembinaan, dan pengawasan penyaluran JBT dan JBKP. Dalam PKS tersebut, pemerintah provinsi diharapkan dapat memberikan dukungan penuh, termasuk dalam penerbitan surat rekomendasi sesuai peraturan perundang-undangan.

Menyambung perkataan Eman, Anggota Komite BPH Migas, Basuki Trikora Putra menegaskan pentingnya tindak lanjut dari pertemuan tersebut. Dia mengatakan sinergi antara pemerintah provinsi dan pihak terkait akan memperkuat pengawasan terhadap penyaluran JBT dan JBKP.

Sementara itu, Anggota Komite BPH Migas, Wahyudi Anas menyatakan harapannya bahwa PKS tersebut akan menghasilkan manfaat bagi kedua belah pihak dan memastikan bahwa penyaluran BBM subsidi dan kompensasi dapat dinikmati oleh masyarakat secara tepat dan terjamin setiap tahunnya.

Sekretaris BPH Migas, Patuan Alfon S menegaskan bahwa PKS tersebut menjadi landasan bagi BPH Migas dan pemerintah provinsi dalam pengendalian, pembinaan, dan pengawasan penyaluran JBT dan JBKP kepada konsumen pengguna.

Dengan langkah-langkah ini, BPH Migas berupaya memastikan bahwa penyaluran BBM subsidi dan kompensasi tidak hanya efektif, tetapi juga efisien, sehingga manfaatnya dapat dirasakan secara merata oleh masyarakat.

Demikian informasi seputar BPH Migas yang berupaya mengawasi penyaluran BBM Subsidi. Untuk berita ekonomi, bisnis dan investasi terkini lainnya hanya di Bulelengpagi.Com.