Denpasar Menjadi Kota Wonderful Indonesia Terbaik

0
777

Kota Denpasar menjadi kota terbaik Wonderful Indonesia diantara 34 Kota/Kabupaten lainnya di Indonesia. Denpasar masuk 10 Kota terbaik dalam hal performansi, inovasi, serta komitmen dalam membangun pariwisata daerah.

Penghargaan yang diterima Kota Denpasar diserahkan oleh Menteri Pariwisata Arief kepada Wakil Walikota Denpasar, IGN. Jaya negara. Dalam penyerahan tersebut hadir juga Staf Ahli Aparatur dan Pelayanan publik Kemendagri, Dr. Reynnyzar Moenek.

Menteri Priwisata Arief Yahya mengungkapkan bahwa penghargaan yang diterima merupakan apresiasi dari pemerintah pusat. Penghargaan tersebut mengandung unsur kalibrasi, kepercayaan diri, dan kredibilitas.

“Hal ini dapat menjadi tolak ukur bahwa kota yang terpilih memiliki komitmen dalam program sustainable tourism development di daerahnya” ujar Arief.

Menurut Ketua Dewan Juri Yookatta Wonderfull Indonesia Tourism Award 2018 Didien Junaedi, untuk memilih Kota/Kabupaten terbaik ada emppat indikator yang dibutuhkan. Pertama adalah kinerja usaha pariwisata, yang meliputi akomodasi dan makan atau minum. Selanjutnya adalah indeks pariwisata Indonesia, dimensi pariwisata, dan yang terahir adalah penghargaan internasional dan nasional, yang berasal dari Kementerian atau Lembaga.

Di Indonesia terdapat 134 Kota/Kabupaten yang sudah cukup baik di bidang pariwisata. Dari jumlah tersebut, 10 Kota?Kabupaten masuk dalam top-10 Kota terbaik. Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Award 2018 adalah bentuk penghargaan untuk sebuah Kota/Kabupaten yang memiliki performasi, komitemn, inovasi, kreasi serta leadership dalam membangun pariwisata di daerhanya.

Selain itu, penghargaan tersebut juga sebagai apresiai kepada Pemerintah Daerah yang sudah berperan besar dalam pengembangkan pariwisata daerah.

Wakil Walikota Denpasar, IGN. Jaya negara sangat bangga atas penghargaan dan apresiasi yang diperoleh Kota Denpasar dan bidang pariwisata. Ia mengungkapkan bahwa hal ini tidak lepas dari dukungan semua pihak khususnya steakholder pariwisata di Kota Denpasar.

Selain itu, dukungan dari masyarakat dalam mengembangkan Kelompok Sadar Wisata menjadi salah satu indikator yang penting dalam mengembangkan pariwisata di Kota Denpasar.

Denpasar mendapatkan dua penghargaan sekaligus, yakni masuk 10 besar kota terbaik pariwisata di Indonesia dan penghargaan sebagai kota terbaik di bidang pariwisata di Provinsi Bali.