Erick Thohir Singgung Soal Kerajaan dalam BUMN, Ajak Rekrutmen Bersama untuk Musnahkan?

0
142
Menteri BUMN, Erick Thohir mengungkapkan kekhawatirannya tentang adanya "kerajaan-kerajaan" kecil dalam BUMN. (Kumparan.com)

Menteri BUMN Erick Thohir mengumumkan rencana rekrutmen Bersama BUMN 2023 yang akan segera dimulai. Menurutnya, rekrutmen ini tidak dilakukan secara parsial, melainkan harus bersamaan untuk menciptakan kebersamaan di BUMN sejak awal. Dalam konferensi pers di Kementerian BUMN, Erick Thohir mengungkapkan kekhawatirannya tentang adanya “kerajaan-kerajaan” kecil dalam BUMN yang terkadang menghambat program percepatan kinerja BUMN secara keseluruhan.

Menurut Erick, hal ini terutama terjadi ketika BUMN akan melakukan merger. Corsec atau direksinya sering membuat pemberitaan masing-masing, meskipun tujuan merger tersebut baik. Ini terjadi karena ada terlalu banyak atasan, sehingga terbentuklah “kerajaan-kerajaan” kecil. Oleh karena itu, Erick Thohir mendorong untuk mengurangi pembagian kelompok dan mengajak untuk menciptakan kebersamaan BUMN sejak awal.

Erick Thohir menegaskan bahwa dengan merekrut dari muda, kebersamaan akan tercipta lebih mudah. Jika para calon karyawan sudah saling kenal sejak awal, mereka akan ingat saat sama-sama digembleng di Kopassus atau sama-sama merasakan lelah. Dengan cara tersebut, masalah persaingan dapat dihindari, dan kebersamaan BUMN akan terbentuk sejak awal. Rekrutmen Bersama BUMN 2023 adalah sebuah langkah yang baik dalam menciptakan kebersamaan di antara BUMN.

Hal ini juga dapat membantu mencegah adanya “kerajaan-kerajaan” kecil yang terkadang menghambat kinerja BUMN secara keseluruhan. Selain itu, merekrut dari muda juga dapat membantu menciptakan karyawan yang memiliki nilai-nilai yang sama dan berkomitmen untuk mencapai tujuan bersama. Kita berharap bahwa rekrutmen ini akan membawa manfaat besar bagi BUMN dan negara secara keseluruhan. Bagaimana tanggapan Anda soal pernyataan Erick Thohir mengenai dinasti kerajaan di dalam tubuh BUMN?