Generasi Milenial Penggerak Pariwisata Kekinian

0
831

Apakah anda masuk menjadi salah satu bagian dari generasi milenial ? Generasi milenial merupakan kelompok usia produkti mulai yang lahir pada awal tahun 1980-an sebagai awal kelahiran kelompok ini dan pertengahan tahun 1990-an hingga awal 2000-an sebagai akhir kelahiran.

Generasi milenial menjadi salah satu komunitas penting di dalam tatanan masyarakat saat ini, di era perkembangan teknologi yang begitu pesat generasi milenial digadang-gadang menjadi generasi yang mampu menjadi perubahan.

Salah satu karakter dan ciri dari generasi milenial paling mudah dikenali yaitu sangat intens dan memiliki ketertarikan dengan perkembangan dan perubahan teknologi.

Jika menengok dari segi pariwisata dengan perkembangan teknologi yang bersinggungan langsung dengan generasi milenial memang memiliki keterkaitan yang begitu dekat.  Pemanfaatan teknologi sebagai salah satu cara untuk mendongkrak pariwisata terbukti sangat efektif ditengah gencarnya berbagai persebaran media sosial, e-commerce dan e-travel.

Sebagai contoh, generasi milenial akan melakukan tindakan secara tidak langsung yang mempromosikan suatu destinasi pariwisata melihat teman atau influencer-nya memposting sesuatu yang baru dan menarik, kemudian sudah tentu kaum milenial lain yang melihat. Tanpa kita sadari, perilaku dari milenial itu sendiri merupakan salah satu kegiatan promosi yang tidak disadari.

Untuk memaksimalkan potensi milenial yang ada, tentu harus dibarengi dengan upaya pemerintah untuk meningkatkan keautentikan dan originalitas dari pariwisata yang dikemas dalam balutan yang menarik perhatian para kaum milenial. Penambahan spot-spot yang instagramable tentu sangat signifikan mampu meningkatkan promosi pariwisata oleh para kaum milenial.

Untuk Indonesia yang memiliki beragam budaya, puluhan ribu pulau, ratusan ribu spot berfoto tentu sangatlah disayangkan untuk sekadar digunakan para wisatawan konvensional. Soft promotion oleh kaum milenial bisa menjadi pilihan cerdas di era wisata digital saat ini agar mampu mendongkrak pariwisata.