Investasi Industri Pariwisata RI Capai Rp45 Triliun: Momentum Pertumbuhan Industri Kreatif

0
207
Tren arsitektur juga dapat menjadi salah satu daya tarik utama dalam industri pariwisata. (Bisnis.com)

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf), Angela Tanoesoedibjo mengungkapkan optimisme terhadap perkembangan industri pariwisata di Indonesia. Dalam pernyataannya, Angela menyebut bahwa pada tahun 2023 saja, Indonesia berhasil menarik investasi sebesar Rp45 triliun untuk pengembangan sektor pariwisata.

“Di tahun 2023 saja, kami berhasil mendapatkan investasi lebih dari Rp45 triliun. Kami berharap bahwa hal ini dapat mendorong pertumbuhan industri arsitektur,” ungkap Angela saat menghadiri Indonesia Architecture Exhibition & Conference di ICE BSD, Tangerang, pada Kamis (22/2/2024).

Dalam acara yang diselenggarakan oleh Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) tersebut, Angela juga meminta para arsitek untuk memberikan perhatian khusus terhadap desain yang dihasilkan untuk industri pariwisata di Indonesia. Menurutnya, arsitektur saat ini menjadi salah satu sektor dalam industri kreatif yang memiliki potensi besar dalam meningkatkan daya tarik pariwisata.

Angela menyadari bahwa desain arsitektur tidak hanya berkaitan dengan pembangunan gedung sebagai tempat tinggal atau tempat wisata, tetapi juga mengenai penggunaan ruang publik yang menekankan pada kenyamanan penghuni dan pengunjung.

“Desain arsitektur gedung menjadi daya tarik tersendiri, bukan hanya sekadar sebuah bangunan. Hal tersebut juga berkaitan dengan esensi budaya yang ditonjolkan dan minat wisatawan. Selain itu, tren green architecture juga menjadi cerita yang kuat dan mampu menarik perhatian,” jelasnya.

Dari sini, Angela menegaskan bahwa tren arsitektur juga dapat menjadi salah satu daya tarik utama dalam industri pariwisata. Dengan mempertimbangkan kebutuhan akan desain yang menarik dan berkesan, maka para arsitek diharapkan dapat berperan aktif dalam mendukung pengembangan sektor pariwisata Indonesia.

Melalui investasi yang signifikan dan peran penting dari para arsitek, diharapkan bahwa Indonesia dapat terus mengembangkan industri pariwisata menjadi lebih maju dan berdaya saing, serta memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi para wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri.

Demikian informasi seputar perkembangan industri pariwisata di Indonesia. Untuk berita ekonomi, bisnis dan investasi terkini lainnya hanya di Bulelengpagi.Com.