MIND ID Akuisisi 14% Saham Vale Indonesia: Langkah Strategis Menuju Hilirisasi Tambang

0
100
Dikabarkan bahwa akuisisi saham INCO oleh MIND ID akan memberikan dorongan signifikan terhadap program hilirisasi yang tengah digencarkan oleh pemerintah Indonesia. (Beritasatu.com)

Holding BUMN pertambangan MIND ID telah melakukan langkah strategis dengan mengakuisisi 14% saham Vale Indonesia (INCO) dengan harga Rp3.050 per saham. Pernyataan tersebut disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi pers Pengambilalihan Saham Divestasi PT Vale Indonesia Tbk oleh MIND ID di Jakarta pada Senin (26/02/2024).

Turut hadir dalam acara tersebut adalah Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif, serta Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia.

Menurut Luhut, akuisisi saham INCO oleh MIND ID akan memberikan dorongan signifikan terhadap program hilirisasi yang tengah digencarkan oleh pemerintah. Dalam pidatonya, Luhut menegaskan pentingnya langkah ini dalam menggerakkan sektor hilirisasi di industri tambang nasional.

Dengan transaksi ini, MIND ID diharapkan akan mengeluarkan dana sebesar Rp4,28 triliun yang akan dibayarkan kepada pemegang saham sebelumnya. Total saham yang beredar INCO mencapai 9,93 miliar saham.

Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoadmodjo menjelaskan bahwa akuisisi ini akan dilakukan melalui dua skema. Separuhnya, atau sekitar 7%, akan dibeli langsung dari pemegang saham sebelumnya dengan harga yang sama, yaitu Rp3.050 per saham. Sementara setengah sisanya, atau 7%, akan dilakukan melalui penggalangan dana di pasar modal.

“Jadi kita ada saham lama setengahnya dan ada saham baru setengahnya, jadi 50:50 yang akan ada right issue dan strukturnya di pasar modal,” jelas Tiko.

Setelah akuisisi ini, MIND ID akan menjadi pemegang saham pengendali dengan kepemilikan sebesar 34%. Namun, belum ada informasi mengenai siapa pemegang saham lainnya dan seberapa besar porsi kepemilikannya yang akan diakuisisi oleh MIND ID. Sebelumnya, Vale Canada menguasai 43,79% saham INCO, sementara Sumitomo memiliki 15,03%. Kedepannya, kepemilikan saham kedua investor asing tersebut diperkirakan akan berkurang secara kolektif.

Demikian informasi seputar MIND ID yang mengakuisisi saham Vale Indonesia. Untuk berita ekonomi, bisnis dan investasi terkini lainnya hanya di Bulelengpagi.Com.