Investor Global Butuh Mitra Lokal Jika Ingin Investasi di Indonesia

0
1151

Proyek infrastruktur strategis ditawarkan ke pasar global oleh pemerintah. Hal ini disampaikan oleh Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro saat acara Annual Investment Meeting (AIM). Ini merupakan forum investasi internasional yang diselenggarakan oleh menteri Ekonomi United Arab Emirates.

Dalam forum tersebut banyak investor yang menanyakan mengenai detail dari proyek infrastruktur strategis tersebut. Ada dua hal penting yang perlu diperhatikan yakni instrumen financial dan organisasi di Indonesia. Karena hal tersebut dapat menarik investor asing.

 

Selama ini investor yang masuk ke Indonesia adalah korporasi yang memang secara finansial dan sudah memiliki banyak pengalaman di Indonesia. Saat ini pemerintah sedang menyiapkan berbagai infrastruktur dan pembangunan kawasan untuk menarik investor global.

Selain itu, investor lokal juga dibutuhkan untuk menjadi mitra kerja dari para investor global. Keberadaan investor lokal dapat memberikan informasi secara detail mengenai peluang investasi yang ada.

Pada kesempatan yang ada, pemerintah harus memberikan fasilitas mengenai pertanyaan dari para investor global. Dan mitra lokal merupakan solusi terbaik untuk menjawab semua pertanyaan dari investor global.

Harapannya, jika calon investor sudah memiliki pengetahuan mengenai peluang investasi yang ada di Indonesia maka investor global akan semakin tertarik untuk menanamkan modalnya di Indonesi.

Menurut Bambang, sesama pengusaha tentu memiliki tata bahasa yang mudah dipahami dibandingkan dengan korporasi atau pemerintah, sehingga hal tersebut menjadi faktor penting.

Adanya forum investasi internasional juga diapresiasi oleh investor dalam negeri. Ini karena forum investasi internasional dapat memberi kesempatan bagai para investor lokal mengenai dunia investasi lebih dalam. Selain itu, forum investasi internasional juga menjadi peluang bagi investor lokal untuk bermitra dengan para investor global.