Tanamkan Pelestarian Terumbu Karang Festival Pesona Tulamben 2018

0
928

Festival Pesona Tulamben 2018 usai sudah terlaksana. Diadakannya festival tersebut di Pantai Banjar Desa Tulamben, Kecamatan Kubu, Karangasem. Festival Pesona Tulamben 2018 berfokus pada pentingnya melakukan edukasi kepada masyarakat tentang pelestarian terumbu karang.

Festival Pesona Tulamben terselenggara dari tanggal 27 Juli-29 Juli 2018. Tujuannya meningkatkan kunjungan wisatwan sambil melakukan recovery pariwisata. Karangasem tourism go id menginformasikan hari pertama menggelar Jukung race (lomba jukung) diikuti 42 nelayan se-Kecamatan Kubu diselenggarakan di Segara Tukad Abu.

Start di Pantai Batu Dawa menuju Pantai Desa Tulamben. Tiap jukung dihias dengan layar yang beragam warna. Sebelum dilepas, Kadis Pariwisata I Wayan Astika mengingatkan kepada semua elemen masyarakat, para nelayan dan masyarakat umum untuk turut menjaga dan melestarikan terumbu karang.

Terumbu karang tersebut adalah satu-satunya potensi dan daya pikat industri pariwisata di Objek Wisata Tulamben. Banyak sekali wisatawan ramai datang ke Objek wisata Tulamben untuk diving. Tujuannya yaitu untuk menikmati keindahan terumbu karang dan ikan hias yang lokasinya di sekitar tenggelamnya kapal dagang Amerika yang tenggelam tahun 1942. Wayan Astika juga menanamkan pikiran untuk semuanya agar aktif melestarikan terumbu karang mencegah aksi bom ikan yang berakibat buruk bagi terumu karang.

Parade budaya juga terselenggara di hari terakhir disinergikan dengan pameran ekonomi kreatif menampilkan hasil-hasil kerajinan masyarakat se-Kecamatan Kubu, juga diselenggarakan lomba memancing atau Fishing Tournament.

Lomba lainnya yakni mewarnai gambar diikuti siswa TK dan SD se-Kecamatan Kubu dengan tema Karangasem The Spirit of Bali dan merangkai kata. Kegiatan ini diikuti siswa SMPN 1 Kubu, SMPN 2 Kubu, SMPN 3 Kubu, SMPN 4 Kubu, dan SMPN 5 Kubu.

Kunjungan ke Objek Wisata Tulamben sebelumnya selama September-Desember 2017 sempat terpuruk akibat erupsi Gunung Agung. Sebab Objek Wisata Tulamben merupakan jalur lahar panas. Tingkatkan kunjungan dan recovery digencarkan dengan Festival Pesona Tulamben. Ketua PHRI Karangasem, I Wayan Tama, mengapresiasi inovasi Dinas Pariwisata Karangasem yang secara rutin menggelar Festival Pesona Tulamben.