Jenis-Jenis Investasi di Indonesia yang Paling Banyak Diincar Pemodal

0
1442

Sudah menjadi rahasia umum investasi di Indonesia sangat menguntungkan. Apalagi baru-baru ini pemerintah turut mendukung berbagai jenis investasi pada berbagai sektor.

Kendati demikian, investasi tidak hanya dilakukan oleh pemilih modal dalam jumlah dan skala besar. Investasi pilihan di bawah ini juga dapat dilakukan bagi para investor pemula. Apa saja?

Pilihan Investasi di Indonesia Terpopuler

  • Properti dan Bangunan

Ada sebagian contoh investasi properti yang umum dipakai, metode yang paling simpel ialah dengan membeli tanah lalu membangun properti di atasnya. Terakhir adalah memasarkan dikala harga cukup tinggi.

Namun, Anda juga dapat menyewakan properti untuk menerima pemasukan. Investasi properti tergolong sebagai investasi rentang panjang, sehingga untuk menerima return Anda juga akan menerima dalam waktu yang cukup panjang.

  • Saham dan Reksa Dana

Saham sebetulnya adalah bukti kepemilikan sebuah perusahaan, ketika membeli saham pada dasarnya Anda membeli beberapa kepemilikan atas perusahaan yang mengeluarkan saham tersebut.

Maka, semakin banyak saham yang Anda beli maka makin besar pula prosentase kepemilikan perusahaan yang Anda peroleh. Namun risiko investasi saham terbilang yang paling tinggi. Butuh pemahaman dan analisis yang cukup mendalam sebelum menentukan untuk membeli saham sebuah perusahaan.

Namun, sebagai pilihan lain terdapat reksa dana saham yang risikonya lebih rendah. Menariknya reksa dana mempunyai potensi return yang mendekati investasi saham.

  • Investasi Komoditas

Selain properti dan saham investasi komoditas juga populer di Indonesia. Beberapa di antaranya seperti seluruh komoditas perdagangan yang saat ini dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia, di antaranya makanan, obat-obatan, produk perawatan, dan bahan bakar. Untuk melakukan investasi tersebut, Anda dapat membelinya melalui saham.

Selain itu juga terdapat investasi komoditas menarik lainnya yaitu emas. Saat ini pasar emas menawarkan variasi dan juga perkembangan. Lantas bagaimana cara investasi emas di masa kini?

Tidak seperti zaman dulu, kini sudah banyak aplikasi menawarkan investasi emas secara digital. Hal tersebut membuat Anda dapat menghemas waktu, menariknya emas atau logam mulia adalah investasi di Indonesia yang aman dari serangan inflasi.