Kerjasama Investasi: OIKN Ajak Investor AS Bergabung dalam Pembangunan IKN Nusantara

0
94
OIKN membuka peluang bagi pelaku industri teknologi global untuk berpartisipasi dalam pembangunan IKN Nusantara. (Sindonews.com)

Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) menampilkan sejumlah peluang investasi dalam upaya menjadikan pembangunan IKN Nusantara sebagai kota cerdas sesuai dengan Cetak Biru Kota Cerdas Nusantara. Dalam sebuah acara Business Forum di New York yang diselenggarakan oleh United States Trade and Development Agency (USTDA) pada Rabu (24/4/2024), OIKN memaparkan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) sebagai salah satu bentuk kerjasama yang ditawarkan.

Deputi Transformasi Hijau dan Digital OIKN, Mohammed Ali Berawi menekankan bahwa OIKN membuka peluang bagi pelaku industri teknologi global untuk berpartisipasi dalam pembangunan IKN Nusantara. Ali menjelaskan bahwa IKN akan menjadi “living lab” di mana teknologi terkini dapat dikembangkan melalui kerjasama antara industri dan institusi pendidikan.

Business Forum tersebut juga dihadiri oleh perusahaan dan investor yang diundang untuk turut serta dalam pembangunan IKN sebagai Kota Cerdas. Delegasi yang hadir termasuk perwakilan dari Otorita IKN, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Kementerian Keuangan, Bappenas, serta PT Bina Karya.

Konsul Jenderal Republik Indonesia di New York, Winanto Adi, menyatakan dukungan penuhnya terhadap pembangunan IKN Nusantara dengan memfasilitasi kerjasama antara perusahaan dan investor AS dengan OIKN. “Kami mengundang para calon investor untuk menjadi bagian dari perjalanan transformasi menuju IKN yang hijau dan berkelanjutan,” ujar Winanto.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kemenkominfo, Semuel Abrijani Pangarepan, menyoroti pentingnya kolaborasi dalam membangun kota cerdas di Indonesia. Dengan gerakan Menuju Kota Cerdas, sebanyak 241 kota dan kabupaten di Indonesia telah menginisiasi program kota cerdas, memberikan peluang bagi penyedia teknologi untuk berkolaborasi dalam memenuhi kebutuhan setiap daerah.

Pembangunan IKN Nusantara diharapkan menjadi contoh bagi pembangunan kota cerdas lainnya di Indonesia. Dalam acara tersebut, dipaparkan pula peluang investasi dan skema pendanaan yang disiapkan pemerintah untuk membangun IKN. Melalui kerjasama antara sektor publik dan swasta serta dukungan dari berbagai pihak, diharapkan IKN akan menjadi pusat inovasi dan keberlanjutan yang mampu memberikan manfaat bagi masyarakat luas.

Demikian informasi seputar progres investasi dan pembangunan IKN Nusantara. Untuk berita ekonomi, bisnis dan investasi terkini lainnya hanya di Bulelengpagi.Com.