Kota Banjarmasin Catat Rekor Baru: Investasi Mencapai Rp1,9 Triliun pada Tahun Ini

0
46
Menurut Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Banjarmasin, Ari Yani memaparkan target investasi yang ditingkatkan. (Prokal.co)

Pemerintah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan telah mengumumkan target investasi yang ambisius untuk tahun 2024, mencapai Rp1,9 triliun. Hal ini menandai peningkatan yang signifikan dari target investasi tahun sebelumnya, yang hanya sebesar Rp1,1 triliun pada 2023.

Menurut Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Banjarmasin, Ari Yani memaparkan target investasi yang ditingkatkan tersebut mencerminkan pertumbuhan ekonomi yang positif di kota tersebut. Pada tahun 2023, realisasi investasi telah melebihi target, mencapai sekitar Rp1,6 triliun.

“Karena realisasi investasi tahun lalu telah melebihi target, kami telah menetapkan target yang lebih ambisius untuk tahun ini, sebesar Rp1,9 triliun,” kata Ari Yani.

Sektor investasi yang menjadi andalan Kota Banjarmasin adalah sektor jasa dan perdagangan. Pelabuhan Trisakti Banjarmasin menjadi magnet bagi investor yang tertarik untuk berinvestasi di bidang jasa angkutan dan sektor-sektor terkait lainnya.

“Aktivitas ekspedisi, misalnya, menjadi salah satu yang cukup menonjol, seiring dengan pertumbuhan bisnis logistik di kota ini,” tambahnya.

Tak hanya sektor jasa, investasi juga meningkat di sektor kesehatan dan pariwisata. Pembangunan rumah sakit besar dan fasilitas perhotelan menjadi pendorong utama pertumbuhan investasi di Kota Banjarmasin. Namun demikian, Ari Yani mengakui bahwa pertumbuhan investasi di sektor pariwisata masih belum maksimal. Meskipun begitu, pihaknya terus mempromosikan potensi pariwisata yang unik, terutama yang berbasis pada keindahan sungai, untuk menarik lebih banyak investasi di masa mendatang.

“Dengan perekonomian yang semakin membaik, kami yakin pertumbuhan investasi akan terus meningkat, yang pada gilirannya akan berkontribusi pada target investasi nasional,” jelas Ari Yani.

Pemerintah Kota Banjarmasin juga berkomitmen untuk memberikan kemudahan dalam proses perizinan bagi para pelaku usaha, sambil tetap memperhatikan kearifan lokal dan mempromosikan identitas kota yang unik. Dengan berbagai upaya tersebut, Kota Banjarmasin semakin menunjukkan dirinya sebagai destinasi investasi yang menjanjikan dan ramah bagi para investor, serta berpotensi menjadi salah satu pusat ekonomi yang berkembang pesat di Kalimantan Selatan.

Demikian informasi seputar investasi di Kota Banjarmasin. Untuk berita ekonomi, bisnis dan investasi terkini lainnya hanya di Bulelengpagi.Com.