Investasi Asing Kota Malang: Target Ambisius Capai Rp200 Miliar Tahun 2024 Ini

0
199
Pemerintah Kota Malang menegaskan komitmennya menargetkan investasi asing senilai Rp200 triliun pada tahun 2024. (travelmalang.id)

Pemerintah Kota Malang kembali menegaskan komitmennya dalam menggenjot sektor investasi asing di tahun ini. Dengan target yang telah ditetapkan sebesar Rp200 miliar, langkah ini diharapkan mampu melampaui pencapaian tahun sebelumnya. Pada tahun 2023, jumlah penanaman modal asing mencapai angka Rp172 miliar. Meskipun mayoritas investasi masih berasal dari dalam negeri, dengan total Rp1,8 triliun, kontribusi dari luar negeri juga menjadi bagian penting dalam perekonomian Kota Malang.

Menurut Arif Tri Sastyawan selaku Kepala Dinas Tenaga Kerja, Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Naker-PMPTSP) Kota Malang, perlu adanya peningkatan dalam investasi asing. Meskipun pada tahun sebelumnya baru terjadi pada 2023, upaya untuk meningkatkan jumlah ini terus dilakukan. “Minimal Rp200 miliar, agar kita tidak hanya mengandalkan dari dalam negeri,” ujarnya.

Investasi asing ini meliputi berbagai sektor, termasuk kuliner cepat saji seperti KFC, MCD, dan Pizza Hut, serta tempat nongkrong seperti Kafe Starbucks. Tidak hanya itu, kontribusi dari tenaga kerja asing juga menjadi bagian penting dalam meningkatkan investasi. Bahkan, estimasi menyebutkan kontribusi ini dapat mencapai Rp1,5 miliar per tahun.

Sektor properti juga menjadi tujuan investasi luar negeri yang menjanjikan, terutama dalam pembangunan kos-kosan dan perumahan. Sedangkan di sisi penanaman modal dalam negeri, sektor UMKM tetap menjadi favorit, disusul dengan restoran, kafe, dan rencana pembangunan hotel baru di Kota Malang.

Meskipun demikian, Ketua Komisi A DPRD Kota Malang, Rahman Nurmala mengakui bahwa investasi dari luar negeri masih belum maksimal. Hal ini disebabkan kurangnya promosi potensi investasi yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Malang. Beliau berharap agar promosi ini dapat dimaksimalkan, terutama dalam sektor perhotelan dan kuliner, mengingat kawasan industri di Kota Malang masih jarang. Selain itu, dengan jumlah mahasiswa yang cukup besar, bisnis kos-kosan juga bisa menjadi opsi menarik bagi investor asing.

Dengan komitmen yang kuat dari Pemerintah Kota Malang dan dukungan dari berbagai pihak, diharapkan investasi asing di Kota Malang dapat terus berkembang dan memberikan kontribusi yang signifikan dalam pertumbuhan ekonomi daerah.

Demikian informasi seputar target investasi asing dari Kota Malang. Untuk berita ekonomi, bisnis dan investasi terkini lainnya hanya di Bulelengpagi.Com.