Uji Coba Gratis: Rakyat Berkesempatan Naik Kereta Cepat Jakarta-Bandung

0
157
Siap-siap daftar kuota gratis naik Kereta Cepat Jakarta-Bandung. (Kompas.com)

PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) berencana memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mencoba Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) secara gratis. Rencananya, uji coba KCJB ini akan dilaksanakan pada bulan September 2023, seiring dengan peresmian kereta cepat pertama di Indonesia yang direncanakan pada tanggal 1 Oktober 2023. Informasi ini disampaikan oleh Direktur Utama KCIC, Dwiyana Slamet Riyadi.

“Kami berharap bahwa pada bulan September ini kami dapat memulai uji coba gratis ini. Sebelum tanggal komersial (commercial on date), kami akan melakukan uji coba untuk penumpang yang tidak perlu membayar, termasuk penumpang yang berada di sekitar jalur yang terdampak, itu pasti,” ungkapnya di Stasiun Halim, Jakarta Timur, pada hari Rabu (6/9/2023).

Dwiyana mengungkapkan bahwa saat ini sudah banyak masyarakat yang mendaftarkan diri untuk berpartisipasi dalam uji coba ini. Mayoritas pendaftaran dilakukan secara konvensional melalui surat, karena sistem pendaftaran online belum dibuka.

“Saat ini, sudah banyak yang mendaftar dengan cara mengirimkan surat dan metode lainnya. Kami akan segera mengumumkan pendaftaran online dengan sistem yang lebih modern,” jelasnya.

Sementara itu, General Manager Corporate Secretary KCIC, Eva Chairunisa menjelaskan bahwa saat ini KCIC sedang dalam tahap akhir proses finalisasi sistem pendaftaran tersebut. Kelak, masyarakat akan dapat mendaftar melalui situs web resmi.

“Kami juga sudah mulai mendata masyarakat yang tinggal di sekitar jalur rel. Selain itu, kami menerima undangan dari berbagai instansi dan lembaga lainnya. Pasti akan ada kuota khusus untuk masyarakat yang ingin mendaftar secara mandiri,” ujar Eva. “Informasi lebih lanjut akan segera kami umumkan, dan pastinya proses pendaftarannya tidak akan sulit. Saat ini, kami sedang melakukan pendataan untuk warga sekitar jalur kereta dari Halim hingga Tegalluar,” tambahnya soal Kereta Cepat Jakarta-Bandung.