Buleleng dan Banyuwangi Kerja Sama di Bidang Pariwisata dan Pertanian

0
937

Pemerintah Kabupaten Buleleng dan Banyuwangi berencana menjalin kerjasma di bidang pariwisata dan pertanian. Rencana tersebut telah diputuskan saat Bupati Buleleng, Putu Agus Suradyana berkunjung ke Kabupaten Banyuwangi.

Menurut Agus Suradnyana, kunjungan tersebut bertujuan untuk menjalin kerja sama dengan pemerinah Banyuwangi dalam berbagai bidang. Dalam waktu dekat kerja sama tersebut fokus di sektor pariwisata dan pertanian.

“kami telah berdiskusi dengan Bupati Banyuwangi dan akan memfokuskan kerja sama tersebut di sektor pariwisata dan pertanian,” uangkap Agus Suradnyana.

Agus menambahkan bahwa pariwisata di kabupaten Buleleng terletak di wilayah Bali Barat. Sehingga jika bekerja sama dengan Kabupaten Banyuwangi merupakan pilihan yang tepat. Alasan utama adalah jarak Banyuwangi ke Buleleng cukup dekat. Selain itu, bagi wisatawan yang berkunjung ke Bali melalui jalur darat pasti akan melintasi Banyuwangi kemudian ke Buleleng.

Saat ini bandara di Banyuwangi sudah dikembangkan untuk para wisatawan yang ingin menuju ke Buleleng melalui jalur udara. Dengan adanya penerbangan dari kedua kota tersebut tentu memperpendek waktu tempuh.

Selain transportasi udara, pemerintah Banyuwangi dan Buleleng juga berencana akan membuka rute transportasi laut dari Banyuwangi menuju ke Buleleng. Untuk mempermudah para wisatawan maka rute tersebut akan lebih terjadwal. Dengan adanya kerja sama tersebut maka fasilitas untuk wisatawan akan lebih memudahkan dan dapat menarik wisatawan lebih banyak lagi.

Ada banyak hal menarik dari dua Kabupaten tersebut. Seperti di Banyuwangi memiliki laut selatan dengan spot selancar yang menawan. Sementara di Bulelang terdapat laut utara yang memiliki karang dan spot diving yang sangat baik.

Banyuwangi memiliki atraksi bdaya yang masuk dalam kalender festival. Hampir setiap tahun jumlah wisatwan terus bertambah. Pemerintah juga akan menyediakan paket wisata untuk para wisatawan. Paket wisata tersebut tentu akan melibatkan dua kabupaten. Jadi, wisatawan yang berencana berlibur selama 3-4 hari akan dapat menikmati berbagai macam obyek wisata di Banyuwangi maupun Buleleng.

Untuk kerja sama di sektor pertanian, Agus Suradnyana mengungkapkan tertarik dengan pertanian di Banyuwangi seperti pengolahan kopi. Kabupaten Buleleng memiliki produk hortikuluta yang belum ditangani secara serius. Dengan adanya kerjasama tersebut diharapkan sektor pertanian di Buleleng akan lebih maju.