Kapan KTT G20 Bali diadakan? Indonesia Jadi Tuan Rumah KTT G20

0
506
Kapan KTT G20 Bali diadakan-Indonesia Jadi Tuan Rumah KTT G20
Indonesia Jadi Tuan Rumah KTT G20

Jika anda penasaran kapan G20 Bali diadakan? Ini dia jawabannya. Tidak terasa, tinggal sebentar lagi gelaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 2022 di Bali akan dilaksanakan. Indonesia pertama kalinya terpilih menjadi tuan rumah presidensi Group of Twenty (G20) sejak G20 dibentuk 1999 lalu.

Dalam agenda ini Indonesia berperan penting dalam menentukan rangkaian agenda prioritas dan memimpin pertemuan G20. Berperan penting termasuk memimpin KTT yang akan terselenggara di Kota Nusa Dua, Bali. Hal tersebut terjadi setelah Indonesia menerimanya dari Italia pada konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 atau G20 Leaders’ Summit di Roma. Serah terima presidensi G20 dari Italia pada tanggal 30-31 Oktober 2021.

Indonesia memastikan siap menyelenggarakan KTT G20 Bali dengan membenahi dan meninjau beberapa fasilitas di Bali. Presiden menjelaskan, pelaksanaan KTT G20 harus dapat dimanfaatkan sebagai ajang terbaik untuk menunjukkan kemampuan Indonesia dalam pengendalian pandemi Covid-19.

Bertahan dari pandemic Covid-19 baik dari sisi kesehatan maupun sisi ekonomi. Selain itu juga untuk menampilkan kemajuan-kemajuan yang telah dicapai oleh Indonesia.

Kapan G20 Bali Diadakan?

Agenda Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 Bali akan dilaksanakan di Kota Nusa Dua, Bali, tepatnya pada tanggal 15-16, bulan November tahun 2022. Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) merupakan pertemuan ke tujuh belas kelompok Duapuluh (G20).

Berbenah Perbanyak Pembuangan Sampah Jelang G20 Bali

Direktur Penanganan Sampah Kementrian Lingkungan Hidup (KLH) Novrizal Tahar mengatakan sejauh ini masalah sampah plastik masih menjadi persoalan. Sampah plastik harus segera di selesaikan karena G20 Bali diadakan sebentar lagi.

Pihak dari KLH akan menangani masalah sampah di Bali dengan melakukan koordinasi dengan Pemkab Badung dan semua elemen yang terkait.

Dari, Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan Kemenkomarves, Rofi Alhanif menjelaskan Bali akan menjadi tuan rumah KTT G20. Beliau memastikan bahwa masalah sampah sudah tidak lagi menjadi masalah yang besar.

Rofi Alhanif menjelaskan pihaknya sudah banyak mempunyai program untuk mengatasi masalah sampah di Bali yakni dengan melakukan penataan dan pengelolaan ulang sampah di daerah Sarbagita.

Untuk pengelolaan sampah tahun ini, pihaknya dengan pemerintah Bali akan membangun sarana dan prasarana dengan jumlah yang banyak khusus untuk pengelolaan sampah.

Lokasi KTT G20 diadakan

KTT G20 yang berlangsung di pulau Bali ini, rencananya akan digelar di kawasan Nusa Dua. Untuk itu, pemerintah Indonesia sudah mempersiapkan sejumlah infrastruktur. Infrastruktur di Bali untuk menyambut datangnya para anggota G20 Bali serta delegasi-delegasi yang akan hadir di pertemuan istimewa ini.

Jalan tol yang menghubungkan Bandara I Gusti Ngurah Rai dengan kawasan Nusa Dua telah dipercantik. Dengan penataan ulang, penanaman berbagai macam bunga, serta penanaman pohon bakau. Kawasan Nusa Dua sendiri telah memiliki dua convention center.

Nantinya, convention center tersebut akan dijadikan tempat berlangsungnya KTT G20 Bali. Enam belas hotel berbintang serta 3 vila mewah dengan layanan dan fasilitas eksklusif juga telah tersedia untuk menampung sekitar 21.000 orang delegasi.