Pemandangan Indah di Bali Sekumpul Waterfall Buleleng yang Mempesona 

0
2808

Bali memang tak pernah kehabisan destinasi wisata alam yang eksotis dan mempesona. Selain pantai, ngarai, gunung, dan danau, Bali juga punya air terjun indah yang bernama Sekumpul Waterfall.

Sekumpul Waterfall terletak di dataran tinggi Desa Sekumpul, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng. Pemandangan menawan yang menyegarkan mata di Sekumpul Waterfall akan membius kamu dengan keindahannya.

Letak Sekumpul Waterfall bisa dibilang sangat tersembunyi. Kamu harus menempuh jarak 12 kilometer dari Kota Singaraja. Kalau kamu pergi dari Denpasar kamu membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam perjalanan.

Tak berhenti di situ saja, kamu juga harus melewati kondisi jalan yang tidak rata dan berkelok-kelok di Desa Sekumpul. Setelah sampai di pintu masuk Sekumpul Waterfall, kamu harus menuruni anak tangga sejauh 300 meter.

Sekumpul Waterfall adalah satu dari 7 air terjun yang yang berada di wilayah Desa Sekumpul, lokasi antar air terjun pun tidak terlalu jauh namun juga tidak berdempetan. Jadi kamu juga bisa melakukan eksplore di beberapa air terjun yang letaknya tidak berjauhan ini.

Kamu juga bisa memilih mau mandi di air terjun dengan debit air yang kecil atau besar. Mata air di Sekumpul Waterfall ini berasal dari dua sumber yang berbeda, untuk air terjun yang kiri berasal dari mata air pegunungan sehingga memiliki warna yang bening, sedangkan air terjun yang kanan berasal dari sungai sehingga berwarna kecoklatan.

Debit air yang terjun di sini yang tidak terlalu ekstrim dan liar, tapi dengan ketinggian 100 meter, pemandangan yang dihasilkan sangatlah indah. Kalau beruntung kamu bisa melihat arsiran pelangi yang menghiasi air terjun ini.

Pergi ke Sekumpul Waterfall tidak akan menguras dompetmu, pasalnya tiket masuknya pun sangat murah yakni hanya Rp 2 ribu untuk wisatawan lokal dan Rp 5 ribu untuk wisatawan asing.