Peraturan Baru untuk Investasi Aset Kripto di Kanada, CSA Melangkah Maju

0
74
Peraturan investasi aset kripto juga memberikan klarifikasi terkait jenis aset kripto yang boleh dimiliki oleh dana investasi. (Pintu.com)

Dewan Administrasi Sekuritas Kanada (Canadian Securities Administration/CSA) baru-baru ini mengumumkan usulan peraturan baru yang dirancang untuk memberikan kejelasan regulasi kepada pengelola dana investasi yang berencana untuk berinvestasi aset kripto. Usulan tersebut diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan transparansi dalam pengelolaan aset kripto dalam dana publik di Kanada.

Salah satu poin utama dalam usulan peraturan tersebut adalah pembatasan tertentu terhadap cara dana publik dapat berinvestasi aset kripto. CSA menegaskan bahwa hanya reksa dana alternatif dan dana investasi yang tidak dapat ditebus yang diizinkan untuk melakukan transaksi langsung seperti pembelian, penjualan, dan penyimpanan aset kripto.

Dalam keterangan resmi, CSA menyatakan, “Reksa dana, kecuali reksa dana alternatif, hanya diizinkan untuk berinvestasi dalam aset kripto melalui reksa dana alternatif yang mendasarinya atau dana yang tidak dapat ditebus yang memiliki investasi dalam aset kripto.”

Peraturan investasi aset kripto ini juga memberikan klarifikasi terkait jenis aset kripto yang boleh dimiliki oleh dana investasi. Dana aset kripto publik dilarang membeli atau menyimpan mata uang kripto yang tidak sepadan, seperti NFT, karena tidak sesuai dengan karakteristik produk dana investasi yang ditawarkan kepada investor ritel.

CSA juga mengusulkan batasan terhadap penggunaan kripto sebagai jaminan dalam transaksi, seperti pinjaman sekuritas, transaksi pembelian kembali, atau transaksi terbalik. Sebagai contoh, CSA menyebutkan bahwa “dana pasar uang” tidak diperbolehkan untuk membeli atau menahan aset kripto.

Selain itu, peraturan tersebut menetapkan persyaratan penyimpanan untuk kepemilikan kripto dengan tujuan mengurangi risiko unik. CSA mengusulkan agar aset kripto disimpan dalam penyimpanan offline yang dikenal sebagai ‘dompet dingin,’ kecuali saat memfasilitasi pembelian atau penjualan.

Dalam pernyataannya, CSA menyebutkan bahwa usulan peraturan ini bertujuan untuk memberikan kejelasan regulasi yang lebih baik kepada pengelola dana investasi terkait investasi aset kripto. CSA percaya bahwa peraturan ini akan membantu menciptakan lingkungan yang lebih teratur dan aman bagi investasi dalam aset kripto dalam dana publik di Kanada.

Demikian informasi seputar peraturan baru investasi aset kripto di Kanada. Untuk berita ekonomi, bisnis dan investasi terkini lainnya hanya di Bulelengpagi.Com.