Wisata Agraris Andalan Desa Mayong Pertahankan Eksistensi Wisata Turis Asing

0
1547

Untuk mempertahankan eksistensi wisata di Desa Mayong Kecamatan Seririt Kabupaten Buleleng Bali Utara, salah satu cara yang dilakukan oleh warga dan juga pengelola wisata Desa Mayong adalah untuk tetap melestarikan dan menjaga persawahan dan perkebunan sebagai salah satu daya tarik wisata berkonsep agraris untuk menarik wisatawan asing berkunjung.

Desa Mayong memang sudah terkenal dan menjadi salah satu obyek wisata agraris unggulan di Bali khususnya di Bali Utara.

Wakil Ketua Kelompok Sadar Wisata (pokdarwis) Desa Mayong Putu Orbawan mengatakan, selama ini banyak wisatawan mancanegara mengenal wisata persawahan terasering di Tabanan, Badung, dan Gianyar, tapi kini banyak wisatawan yang datang karena sudah mengetahui jika di Bali Utara juga memiliki objek wisata persawahan yang terletak di Desa Mayong.

“Bali Utara juga punya tujuan wisata serupa yang tak kalah menarik seperti tempat lain,” ucapnya di Bali, Senin (7/5).

Selain itu Putu juga mengatakan, kebanyakan wisatawan asing yang berkunjung ke Desa Mayong merasa memiliki pengalaman baru dan senang karena alam yang berbukit serta memamerkan pemandangan sawah yang membentang luas dan itu jarang mereka temui di Negara asal mereka.

“Wisatawan yang biasa berkunjung ke Mayong kebanyakan dari Eropa seperti Belanda, Prancis, dan Jerman yang ingin tracing masuk ke perkebunan lalu ke perbukitan” ujar Putu.

Sampai saat ini Jumlah wisatawan yang berkunjung ke Desa Mayong memang masih belum sebanyak destinasi wisata lain di Bali dna serupa seperti terasering di Tabanan, tapi saat bulan Juni sampai September biasanya jumlah kunjungan wisatawan asing mencapai 50 sampai 100 turis per bulannya.

“Wisatawan yang habis berkunjung kelihatan puas, karena di desa ini mereka mendapatkan berbagai hal yang jarang didapat di daerah lain di Bali,” tutupnya.

Selain itu promosi dan berbagai agenda event wisata yang coba digalakan oleh Pemerintah bekerjasama dengan warga dan kelompok sadar wisata Desa Mayong diharapkan berjalan dengan baik dan berkelanjutan sehingga geliat pariwisata Desa Mayong semakin menunjukan tren positif, dan secara tidak langsung masyarakat akan mendaptakan imbas positif dari naiknya kunjungan wisatawan ke Desa Mayong.