SKK Migas Usul AKM Papua dan Geng North Kalimantan sebagai Proyek Strategis Nasional

0
110
SKK Migas mengusulkan kedua proyek migas masuk PSN karena kapasitas produksi yang besar, vital untuk pengembangan daerah setempat, dan nilai investasi yang tinggi. (Katadata.com)

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mengusulkan dua proyek migas, Asap Kido Merah (AKM) di Papua dan Geng North di Kalimantan, untuk masuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN). Kepala SKK Migas, Dwi Soetjipto menyoroti kapasitas produksi besar dan nilai investasi yang menjanjikan sebagai alasan di balik usulan ini.

AKM, dioperasikan oleh Gentinf Oil Kasuri Pte., Ltd., telah menjadi proyek strategis sektor hulu migas. Dengan proyek ini ditargetkan onstream pada kuartal IV-2025, SKK Migas mengajukan agar AKM masuk ke dalam PSN. Dwi Soetjipto menyebut bahwa investasi sebesar USD 3,3 miliar dengan kapasitas produksi lebih dari 360 MMSCFD membuatnya layak menjadi proyek strategis nasional.

Proyek migas Geng North di Kalimantan juga diajukan untuk masuk PSN dengan potensi kapasitas produksi mencapai 1.000 MMSCFD. Dwi Soetjipto menyoroti peran penting proyek ini dalam optimalkanasi utilisasi dari LNG Bontang. Investasinya yang signifikan juga menjadi pertimbangan utama.

SKK Migas mengusulkan kedua proyek tersebut masuk PSN karena kapasitas produksi yang besar, vital untuk pengembangan daerah setempat, dan nilai investasi yang tinggi. Dengan dukungan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif, SKK Migas optimis bahwa pendanaan dari skema Just Energy Transition Partnership (JETP) dapat mendorong keberhasilan program transisi energi.

Dwi Soetjipto mengakui bahwa meskipun kebutuhan investasi tinggi, proyek-proyek ini dapat berhasil karena terukur dan jelas. SKK Migas akan terus berkomunikasi dengan pemenang lelang proyek untuk memastikan koordinasi yang baik dan integrasi perencanaan selama pembangunan proyek.

Sebelumnya, SKK Migas memberikan apresiasi kepada Eni atas penemuan cadangan gas di Wilayah Kerja North Ganal Kalimantan Timur. Temuan ini dianggap sebagai salah satu giant discovery terbesar di dunia pada tahun 2023. SKK Migas berharap temuan ini akan mendorong lebih banyak perusahaan internasional untuk berinvestasi di Indonesia, memperkuat daya saing industri hulu migas nasional.

Usulan SKK Migas untuk memasukkan dua proyek migas ke dalam PSN menunjukkan tekad Indonesia dalam mengoptimalkan sektor energi. Dengan fokus pada kapasitas produksi besar, vitalitas pengembangan daerah, dan nilai investasi yang menjanjikan, Indonesia berharap dapat menghadirkan proyek-proyek strategis yang mendukung visi transisi energi nasional.

Demikian informasi seputar SKK Migas yang mengusulkan dua proyek migas jadi PSN. Untuk berita ekonomi, bisnis dan investasi terkini lainnya hanya di Bulelengpagi.com.